Selalu Rindu Mama


Kampung

Sejauh apapun kau pergi
Dimanapun kau tinggal
Sesukses apapun kamu di lain kampung
Tidak ada tempat pulang selain di tempat itu kita dilahirkan.
Pulanglah.




Rindu istri bugis

Menjadi istri Bugis sangatlah berat.
Setia adalah tantangan terbesar.
Apalagi terpisah jarak.
Terpendam dalam benak.
Dingin menyelimuti Rindu.
Berperang melawan rasa.
Kapan kau kembali.
Wahai suamiku.
Aku rindu di tanah kelahiran kita,
Aku rindu bermain-main denganmu, ucapnya.
Seringkali melawan tetes air mata agar terlihat tegar.
Namun benar kata psikologi Bugis.
"Uwita fedditta dilalenna mata cinnotta"
Di tanah pijakan kita.
Banyak kehidupan.
Lalu mengapa merantau hingga ketanah Curacao.
Kau menciptakan kerinduan mendalam.
Kau menciptakan pelajaran setia.
Tapi tahukah engkau.
Rasanya hingga tak terasa.
Kapan kau kembali suamiku.
Di tanah kehormatn kita.
Aku menunggumu dibalik tirai sejuknya malam.
Aku menunggumu dihangat paginya mentari.
Setiaku bukti rinduku.
Hingga liang lahat memakan tubuh kita.
Kamulah satu-satunya.
21Aug 2018. untuk Kakanda tercinta


Kau tetap milikku 

Semenjak pesonamu terlirik jiwa dalamku
Kau bukan lagi sekedar mimpi
Sejak sajak puisi kutulis puitis
Kau benar-benar milikku
Tak peduli kau apa, siapa dan dimana bahkan milik siapa saat ini
Kau milikku
Jangan coba berpaling
Jangan coba mencipta dosa di atas hasrat suci
Kemanapun kau, saya dan kamu telah menyatu menjadi kata Kita
Semenjak matamu tak pernah melirik bibirku lagi
Kau tetap milikku
Sejak tanganmu tak lagi pernah ku genggam
Kau tetap milikku
Seluruh ragamu masih kuhiasi khayalku
Wangi aroma nafasmu masih kunikmati di sunyi senyap menerka
Kau bersemi di sunyinya Hatiku
Sebab itulah kau masih milikku
Selamanya tak termakan waktu

Rusli , 14 Oct 17




Untukmu Dati

Selepas kau pergi
Terasa dunia bak kemarau bertahun-tahun.
Butuh waktu menyisihkan ceritamu di sini.
Bertarung melawan diri.
Membuka hati bagi cerita baru di atas cinta yang lain.
Kepergianmu menusuk sendi di setiap denyut nadi.
Sering kali seseorang datang, tapi hanya kubiarkan pergi setelah kucumbu.
Tak bisa kurasa apa yang terasa.
Hanya dirimu saja yang bertahta.
Jangan kau pergi, tapi kau sudah jauh.
Biarkan Saenab mengukir cerita baru sebagi pemilik abadi.
Dialah penggantimu,
Menerimanya adalah seperti gerimis ditariknya kemarau panjang.
Jangan kau pergi jika hanya mencari Hati.
Jangan kau pergi jika hanya mencari cinta.
Disini cinta suci bersemayam meski dosa telah melumuri.
Jangan kau pergi, jangan kau pergi, jangan kau pergi.
Sebab janjimu telah tercatat di atas lisan,
Alam telah menyaksikan,
Yang telah terhembus angin malam.
Tapi kau buat janji baru ditelinga peria baru.
Cinta pasti kau miliki
Walau bukan aku,
Cinta pasti kumiliki walau Saenab yang baru.
21 Aug 2018

OTS

Cinta tak pernah terduga
Siapa menyangka hati ini berlabuh pada hatimu
Bahkan tuhan kuduga tak menduga kita
Jiwa ini menjadi milikmu
Mungkin tuhan menyayangkan hal ini
Takdir atau kehendak manusia pertemuan ini, Tuhanlah yang mngerti cerita ini
Ego menyesalkanya
Tapi hati  menerima dengan lapang dada
Tak mengapa
Ini sudah biasa
Meski kau cinta pertamaku
Tak ada yang sia-sia
Gagal memilikimu utuh menjadi pelajaran
Mungkin benar dugaanku
Tuhan tak pernah menduga pertemuan ini
Mungkin benar dugaanku, Tiada restu untuk menyatu
Takdir bercerita dalam benak untuk menyisihkan luka mendalam
Pergilah ke pinggiran Matano Tanpa jiwaku, tinggalkan saja ragaku di sini

21 Aug 2018


Cari Uang Panaik

Lapangan bakti Home sweet
Setelah sekian hari melelahkan penat di benak mencari warna kehidupan
Stelah berkeliling jauh melintas bukit mendaki gunung, menerjang jurang pasti letih, Lesuh, capek
Setelah sekian hari berjalan di terik matahari, deras hujan, dan becek berdebu menyumbat saluran pernafasan
Pasti mata mau tidur, tubuh mau istrahat, kepala mau di baringkan
kita pulang ke rumahku yang luas indah dan merona
Di samping lapangan bakti ada dua mobil bekas kusebut hotel avansa, di sana kita tidur bertiga saja
Besok kita akan lanjutkan kehidupan
Mr. R
30 Juli 2016


Tau kassa'

Dunia memang gemerlap
Apalagi bagi yang hanya ingin berleha-leha
Kita harus berjalan menyusuri seluruh ruang
Mencari
Makna
Di mana
Lantang melawan arus demi mimpi, tertatih, meringkuk, merayap. bangkitlah
Demi cinta, ditolak, dicuek diacuhkan, diketawai. berjuanglah
Bahkan ketika air mata harus menetes, dan hingga tetes darah penghabisan
Merdekalah
Tak ada hidup yang kau temui jika duri Putri malu pun membuatmu layu berjalan
Tak ada cinta yang kau dapatkan jika patah hati membuatmu menyerah
Tak ada kemerdekaan yang bisa kau raih jika tak mau mengorbankan harta jiwa dan raga
Tak ada yang di dapat begitu saja

 29 Juli 16


Malu dan Luka

Lagu tak lagi bisa kudendangkan
Irama tak lagi bisa kunikmati
Tarian tak lagi bisa kupatahkan
Tidak kah kau lihat didalam mataku yang redup ini
Kunikmati luka dalam yang kau rasakan
Aku bukan hanya mengasihi dirimu
Tapi seluruh hidupmu kurenungi
Dalamnya resah yang menjelma dibatinmu yang kau sembunyikan disenyummu tak lagi bisa mengendap
Hanya doa harapan yang patut dipanjatkan pada yang agung
Sebab jika takdir bicara, biarlah doa jadi harapan yang terpanjatkan sebab dialah sang agung maha menghendaki, harapan petunjuk agar surga bisa dibuka kelak diujung jalan
Semoga Khaliq mendengar nyanyian itu.

14 Jan 2018
Di platinium karoke buat Ramli Tahir

ATA
Mata melihat
Telinga mendengar
Tapi kau tak nyata dalam dekapan.
dimana.          
Sungguh saya rindukanmu.
Linglung dalam keadaan,
Mencarimu serasa berdosa, berontak dalam jiwa atas dilema akal sehat.
Oh Tuhan berdosakah
Kala aku mempertanyakan kau di mana.
Dirundung pilu dilema jiwa, merontah mengamuk, berkecamuk, berlaga keras seperti adu genderang dalam gelanggang para kesatria handal.
Jiwa ini gersang ditengah musim semi
Bila ketundukan kepalaku ketanah pun tak kutemui siapa diriku diatas bumi pijakanku
Bila kutengadahkan kepalaku keatas menatap cakrawala pun tak kutau apalah diriku ini.
Lalu kutanyakan dalam di batinku.
Betapa Dosanya diriku mencari wujudnmu Tuhan.

Rusli 46. 10/05/16


Cinta Semu


Baru kurasa mencintai
Tidak banyak yang bisa terucap selain khayal
Bila malam kusendiri kupeluk bayangmu
Saat dingin menyelimuti tubuh, Kau kucumbu dalam sepi
Kau di mana, mengapa tak datang di dalam nyata
Mati seluruh rasa
Yang ada hanya menikmati khayal mencintaimu
Hari ini, esok, selamanya
Kamu
Disini
Di dalam hati bersemayam
Dalam jiwa kau hidup
Mr. R
12. 12. 17

Tau bajika

Sekalipun kau di hina di caci bahkan jika ditelantarkan.
Sekalipun kau miskin, kau lapar, kau tak memiliki apapun.
Sekalipun kau yatim kau piatu.
Sekalipun kau jelek, kau bodoh, kau kurus, keriting.
Apalagi kau kaya, tampan rupawan, cerdas, hebat, terhormat.
Jadilah orang baik.
Baik kepada siapapun, apapun, dan dimana pun.
Sebab kau hanya terlahir dari ketiadaan.
Dan kau akan kembali yang pada akhirnya pun ketiadaan.
Yang ada hanyalah kebaikan.
Mr. R
30. Juli 2016.


Membakar Emosi

Sampai saat ini jika kamu masih tidak mengerti
Aku tidak memiliki penjelasan lagi
Kukira waktu akan membuat semuanya jelas
waktu akan membuat ridu yang membara
Seperti hari itu saat kamu tak beri kabar
Cinta memang begitu
Ini kali kesekian Aku rasakan
Seperti kamu
Kita hampir sama dicerita yang beda
Aku juga tak ingin pergi
Jika kamu tetap ingin pergi
Aku hanya akan tinggal sendiri
Kamu duga aku bukan pria sejati yang baik
Aku bisa iakan
Aku tak setampan Yusuf
Kamu cantik dan
Aku iri pada banyak sainganku
Kamu aku tak tahu
13 Des 2017


Tak Sejalan

Apa salahku Zaenab ?
Apa dosaku ?
Bukankah dulu ada janjimu untuk memutuskan berhenti menjadi kekasiku ketika kita sudah duduk berdua di pelaminan.
Kau ingkar.
Janjimu palsu seperti janjiku.
Tapi kesungguhanku lahir setelah kau pergi.
Sayangnya kau pergi tanpa pamit.
Ingin ku kejar tapi cinta itu pun bersemayam di sini di dalam jiwaku.
Aku masih memiliki cintaku yang suci sekalipun kau tiada.
Kau tidak beruntung memiliki cinta suci dan rupa tampan.
Biarlah kau pergi dan aku tak akan menolehmu untuk mengharap kasihmu.
Di ujung sana ada gadis manis yang mirip denganmu.
12 Des 2017

18 Maret 2017
Saya tidak berharap kamu akan dalam kesedihan jika tidak dengan saya
Tak perlu mendoakanku bahagia dalam lara dukamu
Aku mengerti hatimu tercabik
Lalu kau berdoa seakan ikhlas
Kamu memberitahukan rapuhnya kamu dari doa itu
Kamu menggambarkanya seolah kamu tegar
Tapi aku tahu
Dalam harap kita ingin semua bahagia
Saya terbakar- jiwaku berantakan
Bahkan aku tidak tahu kamu siapa
dan kamu ingin pergi
Aku Ok.
Kamu tidak tahu Ok yang aku punya
Kamu tetap ingin Pergi
I dont wanna say God bye
kamu saja
12-12-17

Puisi Malam 

Minggu kelabu bersama gelapnya malam.
Kunikmati pahitnya kopi disela hitamnya gelap.
Minggu kelabu menemani malam ini seperti sunyi diatas sunyi.
Kopi tak lagi hangat, pantai tak lagi seru, angin sepoi-sepoi tak lagi terasa jika itu tanpamu.
Kuajak kau kepantai agar pahitnya  kopi tergantikan oleh manisnya senyummu.
Agar gelapnya malam tergantikan oleh cerahnya wajahmu.
Kuajak kau kepantai untuk menggantikan rindu yang tak pernah hilang sedetik pun.
Agar rindu dalam dada tak lagi beku.

By mata mesum.
2 Juli 2016

Mama

Oh Mama---
Betapa indah, lembut, suci dan anggung dirimu
Sungguh Engkau gambaran khayalku tentang nyata keberadaan malaikat
Mamaku
Jika ada kehidupan abadi di manapun itu
Aku ingin kita keluarga lagi
Hidup dirumah yang sama
12 Des 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembangunan menara BTS BAKTI kalimantan Utara

Kisah Intelijen masa pemberontakan Abdul Kahar Muzakkar yang tinggal di Dusun terpencil. Sumpang Ale, Bulukumba